web analytics

Bahaya Sinar X (X-Ray) atau Rontgen pada Ibu Hamil

Kalau tidak benar-benar diperlukan, sebaiknya hindari dulu berhagai pemeriksaan radiologi yang menggunakan sinar X ketika Anda sedang hamil. Biasanya para praktisi kesehatan, termasuk para doktner, juga akan mengusahakan untuk menunda pemeriksaan radiologi bagi pasien yang sedang hamil, setidaknya sampai bayi sudah lahir.

Advertisements

Kalau benar-benar harus dilakukan, mereka akan menggantinya dengan metode imaging yang lain, seperti scan ultrasound. Besar-kecilnya risiko dari paparan sinar X terkait dengan tahapan kehamilan serta dosis yang dianggap bisa ‘menembus’ hingga ke janin. Janin yang kerap terpapar sinar X, setelah lahir bisa mengalami masalah dengan perkembangan fisik dan mentalnya. Paparan radiasi sinar X yang berulang juga bisa merusak sel-sel tubuh, yang berisiko berkembang menjadi kanker, baik pada ibu maupun pada bayi.

Advertisements

Bila terjadi masalah dengan gigi dan Anda harus berobat ke dokter gigi, pastikan dokter gigi Anda tahu bahwa Anda sedang hamil. Dengan begitu dia akan menunda pemeriksaan gigi dengan sinar X sampai bayi Anda lahir, serta memberi obat atau terapi pengobatan yang lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *