web analytics

Bahaya Sauna dan Jacuzzi untuk Ibu Hamil

Wanita hamil disarankan agar menghindari dulu menikmati sauna dan berendam di kolam hangat jacuzzi, untuk menghindari risiko overheating, dehidrasi, dan pingsan. Secara natural, suhu tubuh ibu hamil memang terasa lebih hangat akibat terjadinya perubahan hormon dan peningkatan aliran darah ke bagian kulit.

Advertisements

Perubahan hormon juga kerap membuat wanita hamil diserang rasa lemas. Bila Anda mengalami overheat atau kepanasan, darah akan mengalir lebih banyak menuju kulit untuk membantu mendinginkan tubuh dengan cara mengeluarkan keringat. Itu berarti lebih sedikit darah yang mengalir ke organ-organ dalam lain, salah satunya ke otak. Dan karena otak tidak mendapatkan cukup oksigen (yang dibawa oleh darah), kondisi ini bisa membuat Anda pingsan, atau setidaknya black out sejenak.

Advertisements

Ketika Anda menikmati sauna, jacuzzi, berendam di air hangat, atau mandi uap, tubuh Anda tidak bisa melepaskan panas lewat berkeringat karena temperatur tubuh Anda terus meningkat. Tubuh Anda justru terus menyimpan panas. Kondisi ini dikhawatirkan bisa mempengaruhi perkembangan janin yang sedang dikandung, khususnya pada 12 minggu pertama kehamilan. Selain itu, bia Anda keluar dan berdiri dengan cepat sehabis berendam di air panas, Anda juga bisa tiba-tiba diserang rasa lemas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *