web analytics

Bahaya Mewarnai Rambut pada Ibu Hamil

Kehamilan bisa memengaruhi kondisi rambut. Rambut Anda yang biasanya bereaksi normal saat diwarnai, mungkin akan bereaksi berbeda ketika sedang hamil, misalnya jadi kurang mampu menyerap warna atau menjadi kering.

Advertisements

Sebagian riset mengungkapkan, penggunaan cat rambut (dalam jumlah terbatas) aman bagi wanita hamil, dan bila ingin mewarnai rambut, disarankan setelah melewati usia kehamilan 12 minggu. Namun, ada baiknya Anda menghindari dulu sampai seusai melahirkan. Pasalnya, sejumlah studi mengungkapkan bahwa dalam cat rambut terkandung zat- zat kimia dosis tinggi yang bisa membahayakan janin.

Advertisements

Namun, bila tetap ingin mewarnai rambut, pastikan Anda meminimalkan risiko dengan cara mengenakan sarung tangan (bila mengecat sendiri), mengendapkan dalam waktu minimal, dan dilakukan di ruangan berventilasi baik. Sebisanya jangan membubuhkan cat rambut sampai akar rambut, dan akan lebih baik lagi bila menggunakan cat rambut semi permanen yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, seperti henna. Lakukan tes terlebih dahulu pada kulit untuk melihat adanya reaksi alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *