web analytics

Perlukah Ibu Hamil Konsumsi Suplemen Tambahan

Penting bagi ibu hamil untuk konsultasi kepada dokter dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen tambahan.

Zat Besi

Seorang ibu hamil harus mengkonsumsi 27 miligram zat besi per hari. Beberapa ibu hamil mungkin mengalami mulas, mual, atau sembelit saat mengonsumsi suplemen zat besi. Untuk menghindari masalah ini, mulailah dengan dosis yang lebih kecil dan kemudian lanjutkan dengan dosis penuh secara perlahan.

Asam Folat

Menurut National Health Service (NHS), merekomendasikan untuk menkonsumsi suplemen asam folat sebesar 400 mcg (mikrogram) per hari sampai minggu ke 12 kehamilan.

Vitamin D

Seorang ibu hamil juga direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung 10 mcg vitamin D setiap hari. Sinar matahari juga sumber vitamin D yang baik (cahaya tidak memiliki vitamin, namun memicu kulit untuk mensintesisnya) namun paparan sinar matahari harus dibatasi karena jika terlalu banyak sinar matahari pada kulit, menyebabkan pembakaran dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Zinc / Seng

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Buletin Makanan dan Gizi melaporkan bahwa penelitian observasional, telah menunjukkan bahwa “mengonsumsi zinc dapat memperkecil kemungkinan melahirkan prematur”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *