web analytics

Perkembangan dan Karakteristik anak Usia 2-3 Tahun

Pada usia 2 – 3 tahun sangat tepat untuk di stimulasi kemandirian anak, percaya dirinya, dan kemampuan berinisiatif serta sosialisasi dengan teman.

Anak usia 2-3 tahun suka meniru dan ingin melakukan semua hal sendiri. Inilah masa yang tepat untuk menanamkan kebiasaan hidup yang baik. Seperti, sikat gigi sendiri dan ganti baju sendiri.

Kosakata yang digunakan anak berkembang dengan pesat pada usia ini. Anak mulai bisa mengerti frase, kata sifat, dan makin banyak kosakata baru.

Anak mulai banyak berinteraksi dan bermain dengan teman sebayanya. Meskipun begitu, banyak halyang belum bisa dimengerti oleh si anak, seperti mengerti perasaan teman atau orang lain. Anak belum bisa mengerti apa yang dirasakan orang lain.

Ego individual mulai tumbuh. Di mata orang tua, anak terlihat menjadi keras kepala dan egois. Ini adalah hal yang normal. Orang tua butuh dukungan untuk memahami bagaimana keadaan ini.

Tumbuhnya ego individual, anak jadi ingin mencoba banyak hal sendiri. Namun, terkadang banyak hal yang anak belum bisa lakukan sendiri. Ini membuat si anak menjadi kesal karena gagal.

Usia ini, anak belum bisa mengerti perasaan orang lain. Itulah sebabnya kenapa si anak menjadi terlihat cuek dan tidak peduli dengan perasaan orang lain. Ia cenderung hanya mau melakukan hal yang sesuai keinginannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *