web analytics

Memberi ASI / Menyusui dapat Menurunkan Resiko Endometriosis

Endometriosis adalah kelainan ginekologis kronis, tidak dapat disembuhkan. Kelainan ini timbul ketika jaringan yang mirip dengan lapisan rahim, atau endometrium, ditemukan menempel pada daerah lain di dalam tubuh, umumnya di rongga pelvis. Akibatnya, kebanyakan wanita yang mengalami endometriosis akan merasakan “nyeri panggul kronis, nyeri secara terus-menerus, dan nyeri saat berhubungan badan.”

Efek Menyusui

Image: Pixland/Pixland/Getty Images

Banyak bukti kalau menyusui memberi manfaat kesehatan bagi bunda, seperti membantu menurunkan berat badan, mengurangi resiko kanker payudara, kanker ovarium, dan penyakit kronis lainnya.

Juga memiliki manfaat menurunkan resiko endometriosis karena dapat memperpanjang masa menstruasi sementara (amenore postpartum) dan mengubah kadar beberapa hormon yang dianggap berperan dalam menekan endometriosis, seperti oksitosin, estrogen, dan gonadotropin.

Para peneliti menemukan  bahwa wanita yang menyusui selama 36 bulan atau lebih selama masa reproduksi, memiliki 40 persen penurunan resiko endometriosis dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah memberi ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *