web analytics

Cara Merawat dan Membersihkan Gigi Bayi Selain Sikat Gigi

Gigi bayi / gigi susu sebenarnya sangat penting. Karena membantu anak mengunyah makanan, berbicara dengan jelas. Jika gigi bayi tidak dirawat dengan benar, bisa menjadikannya membusuk, menyebabkan infeksi gusi yang disebut radang gusi yang dapat mempengaruhi tumbuhnya gigi.

Anna Grigorjeva/Shutterstock

Bunda bisa memulainya dengan perawatan mulut bahkan sebelum gigi tumbuh. Lap gusinya sekali sehari dengan lap basah yang hangat, atau kain kasa yang dibasahi yang dililitkan dijari bunda. Begitu gigi pertama tumbuh, bunda bisa terus menggunakan kasa basah untuk membersihkan gigi bayi (sekarang dua kali sehari), tapi juga mengenalkan sikat gigi bayi dengan tekstur yang lembut. Gosokkannya ke gigi bayi untuk membantunya terbiasa dengan perasaan itu. Bunda mungkin tidak perlu menggunakan sikat gigi untuk membersihkan giginya, hingga sampai dia makan makanan padat (dan memiliki jumlah gigi yang banyak), sekitar usia 18 bulan. Namun, jika makan makanan lengket dan bergula, bunda harus menyingkirkan residunya dengan membersihkannya dengan lembut dengan sikat gigi basah dan beberapa baking soda. Begitu berusia sekitar 3 tahun, bunda bisa mulai menggunakan pasta gigi seukuran kacang polong.

Kapan bayi saya bisa menggunakan pasta gigi berfluoride?

Tunggu sampai setidaknya usia 3 tahun, bila anak sudah cukup umur untuk tidak menelan pasta gigi dan gunakan pasta gigi sedikit saja. Menelan terlalu banyak fluoride bisa mengakibatkan pewarnaan gigi atau penyimpangan permukaan yang disebut fluorosis. Fluorida penting untuk memperkuat email dan mencegah kerusakan gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *